Pentingnya MKJP Bagi Pasangan Usia Subur

Pentingnya MKJP Bagi Pasangan Usia Subur

Foto bersama setelah selesai sosialisasi MKJP


RESAM LAPIS -- Untuk meningkatkan pengetahuan para Pasangan Usia Subur (PUS) terhadap Alat Kontrasepsi Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) di Kecamatan Bantan, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Bengkalis mengadakan sosialisasi MKJP bagi PUS yang belum ber KB.

Kegiatan yang dipusatkan di Balai Penyuluhan KB Desa Resam Lapis Kecamatan Bantan, Senin (12/10/2020) dihadiri Fadli selaku Koordinator Penyuluh KB sekaligus Narasumber, dua orang PLKB Lia dan Nida, serta 15 orang peserta dari 5 desa se-Kecamatan Bantan.

Selaku Narasumber, Fadli menjelaskan bagaimana pentingnya pemasangan alat kontrasepsi, khususnya PUS MKJP bagi PUS yang belum ber-KB.

“MKJP sangat efektif digunakan bagi PUS yang ingin ber-KB, sebab efek samping dan kegagalannya sangat minim,” terang Fadli.

Lebih lanjut dijelaskan Fadli, saat pademi covid-19 MKJP adalah metode yang sangat tepat digunakan bagi PUS, sebab tidak selalu berulang ke Fasilitas Kesehatan, sehingga penyebaran Covid-19 dapat diminimalisir.

“Saat pandemi covid-19 melanda negeri ini, maka sangat dianjurkan sekali menggunakan MKJP, baik itu penggunaan IUD, Inplant, Vasektomi maupun Tubektomi”, jelas Fadli.

Diakhir penyuluhannya, Fadli menghimbau kepada PUS agar yang ber-KB tidak hanya kaum wanita saja, tapi keikutsertaan laki-laki sangat diharapkan guna menciptakan keluarga yang sehat dan bahagia.

“Kami berharap Ibu-Ibu dapat menyampaikan kepada suaminya agar ikut program KB, dengan memakai alat kontrasepsi, hal ini juga salah bentuk kasih sayang suami kepada istrinya karena dapat mendatangkan kesehatan dan kebahagiaan bagi keluarganya,” tutup Fadli. ******(OPR)

 


0 Komentar

Tulis Komentar