IBI Ranting Kecamatan Bukit Batu Selenggarakan Pelayanan KB MKJP

IBI Ranting Kecamatan Bukit Batu Selenggarakan Pelayanan KB MKJP

Foto Bersama Kadis DPPKB dan Jajaran dengan Ketua IBI dan Anggota dan Aseptor dari Desa se-Kecamatan Bukit Batu


BUKIT BATU -- Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Disdalduk&KB) Kabupaten Bengkalis bekerjasama dengan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Ranting Bukit Batu, UPT Puskesmas Sungai Pakning dan Camat Bukit Batu menyelenggarakan pelayanan KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) pada Momentum Bulan Bhakti IBI-Keluarga Berencana (KB)-Kesehatan Tahun 2020 di Kecamatan Bukit Batu.

Momentum Bulan Bhakti IBI-KB-Kes untuk Kecamatan Bukit Batu pelayanan diadakan di Poskesdes Desa Batang Duku dengan tema, “Saatnya Bidan dan Perempuan Bersatu, Bergerak Bersama untuk mencapai Kesehatan Ibu dan Anak Menuju Indonesia Maju”. Kamis yang lalu (12/03/20)

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Disdalduk Kabupaten Bengkalis Drs. H. Ismail, MP, Kabid Keluarga Berencana Drs. Akmal Mahmudi dan jajaran, Camat Bukit Batu yang di wakili Sekcam Bukit Batu Jundi Mustari, SE, Ketua IBI Ranting Bukit Batu Hj. Nina Suryana, Str. Keb dan Anggota, Kepala UPT Puskesmas Sungai Pakning dr. Dian Putri Madanisti, Kepala Desa Batang Duku Sapri, S.Pd.I dan Ketua TP. PKK Desa Batang Duku Rina Ilmawati dan anggota, Bidan Desa Batang Duku Sesilia Olyvianti, Amd.Keb dan warga masyarakat yang menjadi calon Aseptor KB se-Kecamatan Bukit Batu.

Pada acara tersebut Hj. Nina Suryana, Str. Keb selaku Ketua IBI Ranting Bukit Batu mengatakan, Organisasi IBI sudah berjalan sejak 24 juni 1951, artinya sekarang sudah berjalan selama 69 Tahun. Kegiatan IBI sekarang dikenal dengan Bulan Bhakti IBI-KB-Kes.

“Kegiatan ini dilaksanakan setiap tahunnya dan kegiatan ini bukan hanya fokus pada program KB tetapi banyak kegiatan sosial lainnya, seperti Posyandu, Pelayanan Lansia dan Pemeriksaan Ibu Hamil serta Pelayanan Imunisasi, kegiatannya mengacu pada IBI pusat”, Sebut Hj Nina Suryana.

Selanjutnya, juga disampaikan bahwa Bidan merupakan mitra Perempuan, karena Bidan mengurus perempuan mulai dari kesehatan Reproduksi, Persalinan, Bayi, Balita, Pus, Wus, Lansia dan Hamil. Bidan merupakan ujung tombak terdepan untuk kesehatan Ibu-Ibu.

“Saya mohon untuk kerjasamanya, agar semua Bidan Desa ini nanti bisa bekerjasama dengan sebaik-baiknya”, harap Hj Nina Suryana.

Selanjutnya, Kadis Disdalduk & KB Drs. H. Ismail, MP dalam hal ini diwakili oleh Kabid Keluarga Berencana mengatakan, Keluarga Berencana pada dasarnya bukan seperti pemahaman sebagian orang yang mengatakan KB itu melarang orang untuk melahirkan, karena melahirkan itu merupakan hak yang sudah diatur dalam Undang-Undang karena melahirkan atau memiliki keturunan merupakan cita-cita setiap orang yang berkeluarga.

“Dengan mengikuti program Keluarga Berencana diharapkan seluruh keluarga menjadi keluarga yang sehat dan sejahtera. Keluarga Berencana pada dasarnya merencanakan dan mengatur kelahiran dengan menghindari terjadinya 4 T (Empat Terlalu). yaitu jangan Terlalu Muda, Terlalu Tua, Terlalu Dekat dan Terlalu Banyak”, sebut Akmal Mahmudi.

Sekcam Bukit Batu Jundi Mustari yang hadir mewakili Camat Bukit Batu menyampaikan bahwa Pemerintah Kecamatan Bukit Batu menyambut baik diselenggarakannya Pelayanan KB sempena Bulan Bhakti IBI-KB-Kes Tahun 2020 yang di laksanakan di Desa Batang Duku.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Desa Batang Duku yang telah mempersiapkan segala sesuatunya sehingga terlaksananya kegiatan ini. Kami juga mengharapkan adanya kerjasama dari semua komponen, kerjasama antara OPD dan organisasi lintas sektor terkait seperti PKK dan IBI diharapkan menjadi kegiatan yang berdampak positif bagi Program BANGGA KENCANA (Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana) ”, harap Jundi Mustari.

Pada akhir sambutan, Sekcam Bukit Batu membuka secara resmi kegiatan Bulan Bhakti IBI-KB-Kes di Kecamatan Bukit Batu.(OPT)


0 Komentar

Tulis Komentar