Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Bengkalis

AJANG PRESTASI DAN JAMBORE REMAJA

BENGKALIS -- Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DisDalduk KB) menggelar Ajang Prestasi dan Jambore Remaja.

Ajang prestasi dan jambore remaja di buka oleh Bupati Bengkalis Amril Mukminin dalam kesempatan itu di wakili oleh Kepala Disdalduk KB H Ismail berlangsung di gedung Cik Puan jalan Hang Tuah Bengkalis. Selasa (17/09/19)

Ajang prestasi dan jambore remaja pada tahun 2019 bertemakan “Kalau Terencana Semua Lebih Mudah”.

Kegiatan ajang prestasi dan jambore remaja bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman remaja tentang generasi berencana dan pendewasaan usia perkawinan dalam program Genre.

Peserta ajang prestasi dan jambore remaja tahun ini berjumlah 168 orang dari sebelas Kecamatan se-Kabupaten Bengkalis dengan rincian sebagai berikut.

Kecamatan Bengkalis A berjumlah 11 orang, Bengkalis B dengan jumlah 14  orang, Bantan dengan jumlah 14 orang, Bukit Batu dengan jumlah 14 orang, Siak Kecil dengan jumlah 14 orang, Bandar Laksamana dengan jumlah 14 orang.

Selanjutnya, Kecamatan Bathin Solapan dengan jumlah 14 orang, mandau dengan jumlah 14 orang, Pinggir dengan jumlah 14 orang, Talang Muandau dengan jumlah 14 orang, Rupat dengan jumlah 14 orang dan terakhir Rupat Utara 14 orang.

Pada pembukaan Ajang Prestasi Dan Jambore Remaja, Kepala Disdalduk KB  H Ismail mengatakan masalah yang menonjol di kalang remaja itu antara lain, Permasalahan seputar TRIAD KRR (Seksualitas, HIV dan AIDS serta Napza), Rendahnya pengetahuan remaja tentang kesehatan Reproduksi Remaja dan median usia kawin pertama relatif masih rendah yaitu 19,8 tahun.

“Untuk mengatasi masalah tersebut dengan program generasi berencana (Genre), Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK Remaja) baik jalau pendidikan maupun masyarakat”, sebut Kadis Dalduk KB Bengkalis H Ismail.

Saat ini di Kabupaten Bengkalis telah terbentuk PIK-R sebanyak 48 PIK-R dengan rincian melalui jalur pendidikan mulai dari tingkat SLTP, SLTA dan Perguruan Tinggi sebanyak 44 PIK-R dan jalur masyarakat telah terbentuk sebanyak 4 PIK-R.

“Ke depan saya berharap langkah kita untuk  mengoptimalkan peran PIK-R ini mendapat dukungan yang luas dari semua pihak, dan seluasnya bagi Sekolah/Perguruan Tinggi dan Kepala Desa/Lurah yang belum membentuk PIK-R segera membentuk dan mengembangkan PIK-R sesuai dengan potensi dilingkungannya masing-masing”, harap H Ismail.

Pada pembukaan Ajang Prestasi Dan Jambore Remaja juga di hadiri oleh Kabid KS PK BKKBN Provinsi Riau Yasni, Ketua BAZNAS Bengkalis H Ali Ambar, Camat Bukit Batu dan pegawai serta staf Disdalduk KB Bengkalis. (OPT)